Pemerintah Pastikan Uang Ganti Rugi Hewan Ternak Kena PMK Cair – Okezone Economy


JAKARTA – Hewan yang terkena wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) diminta segera dilakukan pemotongan.
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan PMK Wiku Adisasmito mengatakan metode pemotongan bersyarat hewan yang terjangkit, efektif untuk mencegah penularan.
Menurutnya hal tersebut dapat dilihat dari daerah yang sudah menelakukan hal tersebut sepertiBali dan Nusa Tenggara Barat (NTB), yang mana memiliki presentase ternak dipotong lebih banyak.
 BACA JUGA:Wabah PMK, Peternak Babak Belur hingga Uang Ganti Rugi yang Tak Sesuai
Serta terbukti dapat menekan kasus PMK lebih besar jika dibandingkan dengan daerah yang tidak menggencarkan pemotongan bersyarat sejak awal merebaknya kasus.
“Saya mengimbau hal ini bisa dicontoh di daerah lain dalam konteks pengendalian wabah PMK,” ujar Wiku dalam konferensi pers update penanganan PMK secara virtual, Selasa (26/7/2022).
Selain itu Wiku juga mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk memberikan ganti rugi terhadap hewan yang terpaksa dipotong.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(“div-gpt-ad-1510661249458-0”); });

“Pemerintah berkomitmen untuk memberikan bantuan untuk meringankan para peternak yang terdampak,” lanjutnya.
Wiku menjelaskan jika merujuk pada SK Dirjen PKH Kementerian Pertanian nomor 08048/KPTS/PK.300/F/07/2022 peternak yang hewannya dipotong bersyarat akan mendapat bantuan masing masing untuk sapi Rp10 juta, kambing Rp1,5 juta, dan Babi Rp2 juta.
“Dengan bantuan yang diberikan ini menjadi upaya kongkret dari pemerintah untuk mendukung para peternak ditengah situasi sulit agar ekonomi mereka bisa kembali Pulih,” lanjutnya.
Pada kesempatannya, Wiku juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah telah berhasil menangi wabah tersebut.
Dia menambahkan kalau dalam seminggu terakhir tidak ada penambahan jumlah provinsi yang terjangkit PMK.
Namun tetap ada 2 kota baru yang terwabah.
“Artinya selama satu Minggu terkahir, kita telah berhasil mempertahankan 15 provinsi agar tetap hijau, upaya kita harus terus kita jaga dan tingkatan,” pungkas Wiku.
Berita Terkait
Bagikan Artikel Ini
Berita Lainnya
© 2007 – 2022 Okezone.com,
All Rights Reserved

source


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *