Anies Pastikan Seluruh Hewan Kurban di Jakarta Bebas PMK – Okezone.com


JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan seluruh hewan kurban di Jakarta bebas penyakit mulut dan kuku (PMK). Diketahui Pemprov DKI memproyeksikan sebanyak 47 ribu ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.
“Pagi hari ini kita meluncurkan sama-sama program dukungan kebutuhan pangan di Jakarta dan khususnya untuk memasuki Idul Adha ini Jakarta memiliki kebutuhan diproyeksikan tahun ini adalah 47 ribu ekor untuk kurban akhir pekan ini,” kata Anies di Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (4/7/2022).
 BACA JUGA:Dibayangi PMK, Anies Siagakan 865 Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban
Anies manambahkan, saat ini telah masuk 42 ribu ekor hewan kurban dan telah menjalani prosedur karantina. Masih terdapat 5 ribu ekor hewan kurban masih dalam perjalanan.
“Yang sudah masuk di Jakarta saat ini sudah 42 ribu dan mereka semua menjalani prosedur karantina dan lain-lain sehingga InsyaAllah status di Jakarta tetap hijau dan aman dari PMK. Masih ada 5 ribu yang dalam perjalanan diprediksikan akan tuntas sebelum perayaan Idul Adha,” ucapnya.
 BACA JUGA:Belasan Sapi di Karangasem Bali Sakit, 7 Positif Terpapar PMK
Lebih lanjut, Anies turut mengapresiasi dukungan Kementan telah membantu penyediaan hewan kurban di Jakarta. Menurutnya 95 persen kebutuhan pangan di Ibu Kota dipasok dari luar kota.
“Kepastian pasokan ini selalu menjadi concern kita sehingga adanya dukungan selalu memberikan angin segar bagi kita,” tuturnya.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(“div-gpt-ad-1510661249458-0”); });

Sebelumnya, pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah di bawah dibayang-bayang wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menular sangat cepat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bergerak cepat dengan menyiapkan 865 petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.
“Pelaksanaan Iduladha tahun ini dibayang-bayangi munculnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang juga menular secara cepat seperti COVID-19. Sehingga, diperlukan langkah-langkah dan tindakan untuk proses pengamanan,” kata Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan.
“Jumat lalu melepas 865 Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan dan Daging Kurban menjelang Iduladha 1443 H. Terdiri dari Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, petugas dari Sudan KPKP tiap wilayah, serta kolaborasi dari berbagai pihak lainnya,” imbuhnya.
Berita Terkait
Bagikan Artikel Ini
Berita Lainnya
© 2007 – 2022 Okezone.com,
All Rights Reserved

source


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *