4 Tips Pintar Sewa Mobil Supaya Liburan Anda Menyenangkan – Jurnas


Paylater traveloka

Jakarta, Jurnas.com – Ketika liburan, menyewa kendaraan seperti mobil menjadi hal yang perlu dilakukan. Sebab, akan lebih mudah mengeksplorasi berbagai destinasi yang terdapat di tempat liburan Anda jika menggunakan mobil. Dengan memakai mobil, mobilitas Anda menjadi semakin optimal dan dapat berpindah dari satu tempat wisata ke tempat lainnya dengan mudah.
Apalagi, saat ini menyewa mobil tidak lagi merepotkan karena dapat dipesan secara online lewat situs Traveloka. Perlu diketahui, Traveloka telah bermitra dengan berbagai rental mobil terkemuka di berbagai kota di Indonesia maupun luar negeri sehingga akan mempermudah liburan Anda ke mana saja. Menariknya lagi, Traveloka juga menyediakan fitur Paylater sehingga Anda tidak perlu khawatir bujet liburan akan terpotong karena harus menyewa mobil.
Nah, supaya lebih nyaman ketika ingin sewa mobil saat liburan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu: 
Pesan Sejak Sebelum Anda Berlibur
Sebelum merencanakan dan pergi liburan, ada baiknya jika Anda sudah melakukan pemesanan untuk sewa mobil. Sebab, jika Anda baru melakukannya ketika sudah berada di tempat berlibur, bisa bisa tidak akan kebagian mobil yang ingin disewa. Apalagi, jika Anda pergi saat musim liburan, hampir bisa dipastikan semua rental mobil akan full booked.
Walaupun pada akhirnya mungkin Anda bisa mendapatkan mobil untuk disewa, bisa jadi itu bukan mobil yang diinginkan pada awalnya. Sebab jika menyewa mobil secara mendadak biasanya pilihan kendaraan tidak cukup bervariasi dan bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.
Belum lagi, jika kondisi kendaraan yang Anda dapat sudah tidak prima. Sebab, mobil yang biasanya belum dipesan di rental biasanya merupakan tahun lama dan tidak diminati oleh para calon penyewa lainnya. Hal seperti ini justru akan mempersulit perjalanan Anda nantinya. Terakhir, harga sewa mobil secara mendadak seringkali akan melambung tinggi, terutama saat musim liburan. Karena itu, sebaiknya sewa mobil dilakukan sebelum Anda berangkat liburan ya!
Pertimbangkan Dengan Matang Soal Jenis Mobil Yang Ingin Disewa
Seperti merencanakan liburan, menyewa mobil juga perlu pertimbangan dan perencanaan. Sebaiknya Anda perlu mencari tahu sebelumnya tentang jenis mobil yang ingin disewa saat berlibur. Sebab, hal ini berkaitan dengan rencana liburan Anda. Ini tentang apakah Anda berlibur dengan banyak teman atau tidak.
Apabila Anda berlibur bersama dengan banyak teman, sudah tentu Van atau SUV adalah jenis mobil yang akan disewa. Namun, jika Anda berlibur sendirian atau dengan sedikit teman, misalnya hanya berdua atau bertiga, maka bisa menyewa mobil seperti sedan ataupun city car berukuran kecil.
Selain itu, perhatikan juga tujuan tempat wisatamu. Jangan sampai memakai tipe mobil yang tidak sesuai dengan kondisi jalan menuju ke tempat wisata yang Anda inginkan. Sebab, ada beberapa tempat wisata yang kondisi jalannya masih off-road. Kondisi seperti ini tentunya tidak akan cocok jika Anda memakai mobil jenis sedan ataupun city car. Apabila kondisi jalannya banyak tanjakan, sebaiknya Anda memilih mobil dengan penggerak roda belakang.
Cari Tahu Syarat Dan Kebijakan Penyewaan Mobil
Perlu dipahami bahwa setiap rental mobil memiliki kebijakan sendiri-sendiri dalam menyewakan mobil. Sebagai contoh, beberapa rental mobil sampai saat ini masih menetapkan biaya tambahan jika Anda menginginkan kendaraan yang disewa diantar jemput ke lokasi. Selain itu, ada juga rental mobil yang telah memberikan biaya bensin pada harga sewanya. Meski begitu, ada juga yang tidak memberikannya.
Patut diingat juga jika setiap rental mobil punya penerapan harga per jam, per hari, maupun per minggu. Hal ini juga diterapkan pada denda keterlambatan yang mereka terapkan. Karena itu, sebaiknya Anda patut mencari tahu seputar pilihan jangka waktu sewa serta denda yang diterapkan pada setiap rental mobil.
Selain itu, pastikan juga untuk menanyakan seputar denda yang harus Anda bayar jika terjadi kerusakan pada mobil. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk berjaga-jaga supaya Anda lebih berhati-berhati dalam berkendara dan menyiapkan nominal denda yang harus dibayar jika ada sesuatu terjadi.
Foto Dan Periksa Kondisi Mobil Seusai Serah Terima
Mobil yang disewa dari rental pada dasarnya punya kondisi bermacam-macam. Hal ini patut dimaklumi sebab mobil yang disewakan biasanya sudah menempuh perjalanan jauh dan menghadapi berbagai kondisi jalan.
Karena itu, ada baiknya kamu langsung memeriksa kondisi sesaat setelah menerima mobil. Anda juga bisa memotretnya jika menemukan kerusakan di bagian mobil sebelum digunakan. Jika Anda tidak melakukan ini, bisa-bisa Anda malah diharuskan membayar denda kerusakan mobil yang memang sudah terjadi sebelumnya.
Anda pun dapat mengirimkan foto kerusakan tersebut pada pihak rental mobil sebelum digunakan. Hal ini agar rental mobil percaya bahwa kerusakan tersebut memang sudah ada sebelum mobil digunakan oleh Anda.
Langkah selanjutnya, Anda juga harus mengecek kondisi bagian dalam mobil seperti mesin, rem, ataupun kinerja AC. Jika Anda menemukan kondisi kerusakan yang cukup vital pada mobil yang disewa, sebaiknya jangan ragu-ragu untuk meminta penggantian unit pada rental mobil. Sebab, faktor keselamatan merupakan hal yang terpenting bukan dalam berkendara?
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan saat ingin menyewa mobil saat liburan. Yuk, segera rencanakan liburanmu dan cari sewa mobil terpercaya hanya di Traveloka!

source


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *