Panduan Singkat untuk Perjalanan Nyaman dan Aman Saat Sewa Mobil – LensaIndonesia.com


LENSAINDONESIA.COM: Kendaraan roda empat adalah moda transportasi yang cukup ideal dan mampu memudahkan Anda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Hanya saja, tidak semua orang bisa memilikinya karena harganya relatif mahal.
Selain itu, jika Anda ingin memiliki mobilitas yang fleksibel, hendak bepergian seperti mudik, liburan atau keperluan pekerjaan, maka opsi sewa mobil dapat menjadi solusi tepat.
Namun, sebelum memilih rental mobil, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Antara lain seputar reputasi tempat peminjaman kendaraan, hingga soal sistem lepas kunci.
Untuk menghindari potensi kejadian yang tidak Anda inginkan, seperti kerusakan atau kerugian lainnya, maka ada beberapa tips sewa mobil yang wajib diperhatikan agar tetap aman dan nyaman saat berkendara, antara lain:
Tips pertama adalah Anda harus memesan kendaraan yang akan Anda sewa dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Dengan begitu, kendaraan yang Anda inginkan tidak akan disewa orang lain. Apalagi, jika Anda hendak menyewa pada periode tertentu, seperti masa liburan.
Selanjutnya, Anda perlu membandingkan biaya carter antara penyedia jasa satu dengan lainnya. Di antara beberapa jasa layanan carter kendaraan, terkadang ada perbedaan biaya rental walaupun jenis kendaraan yang Anda gunakan sama.
Maka, sangat penting untuk mengetahui kisaran biaya sewa kendaraan. Perlu diketahui tarif yang berlaku di kota besar dan kecil umumnya akan berbeda. Bahkan dalam periode tertentu, mungkin ada penyedia layanan carter yang memberikan diskon atau potongan harga. Maka, opsi ini bisa Anda manfaatkan untuk menghemat anggaran.
Berikutnya, pastikan Anda menyewa kendaraan dari penyedia layanan rental kendaraan yang terpercaya. Cobalah untuk mencari tahu ulasan penyedia jasa tersebut dari internet maupun rekan yang sebelumnya pernah menjadi customer di sana.
Ini sangat penting untuk memastikan keamanan Anda. Sebab, banyak celah kejahatan yang bisa saja terjadi jika Anda lengah dalam memilih jasa layanan sewa kendaraan. Dengan begitu Anda akan tenang saat menggunakan kendaraan nantinya.
Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah kesesuaian fasilitas dengan harga, di mana Anda harus memastikan fasilitas yang ada sudah sesuai dengan tarif yang ditetapkan.
Apabila Anda mendapatkan penawaran harga yang sangat rendah, maka Anda perlu waspada. Sebab, mungkin saja akan ada biaya tambahan di luar biaya sewa. Sebaliknya, apabila biaya sewa kendaraannya sangat tinggi, Anda juga tetap harus berhati-hati. Sebab, bisa jadi biaya tersebut berada di atas standar pasaran.
Pahami ketentuan apa saja dalam menyewa kendaraan. Sebelum menyewa, umumnya Anda wajib menyertakan kartu tanda pengenal atau surat izin mengemudi, kemudian mengisi form data penting lainnya. Maka, pastikan Anda mempersiapkan beberapa dokumen sesuai persyaratan dari layanan jasa terkait.
Anda perlu mengetahui kebijakan yang berlaku untuk sewa kendaraan dengan cara tanyakan ketentuannya. Umumnya, setiap jasa layanan memiliki persyaratan yang berbeda.
Beberapa hal yang harus dipastikan adalah apakah Anda dapat membawa kendaraan sendiri atau harus menggunakan pengemudi dari perusahaan. Lalu, cari tahu juga apakah ada biaya tambahan ketika masa sewa kendaraan telah melebihi kesepakatan awal.
Kemudian ketahui pula tentang klaim asuransi untuk kendaraan yang hendak disewa mulai dari jenis asuransi, model perlindungan, hingga dana tanggungan dari asuransi tersebut.
Langkah berikutnya adalah memeriksa kondisi kendaraan pilihan Anda. Coba cek bagian dalam dan luar kendaraan untuk melihat apakah sebelumnya sudah ada kerusakan atau bagian yang lecet. Ketahui pula apakah mesin kendaraan tersebut bekerja optimal atau mengalami kerusakan. Jika Anda kurang memahami tentang hal tersebut, sebaiknya Anda membawa rekan yang mengerti mesin kendaraan untuk melakukan pengecekan.
Tips berikutnya, ketahui apa yang Anda butuhkan saat hendak menyewa kendaraan. Apabila membawa barang dan lebih dari tiga orang penumpang, maka kendaraan keluarga adalah pilihan terbaik. Apabila akan bepergian ke daerah menanjak, maka Anda butuh kendaraan dengan kekuatan lebih. Hal ini berlaku pula ketika Anda hendak menyewa kendaraan lebih besar, seperti sewa bus. Pastikan Anda memilih jenis kendaraan sesuai keperluan.
Hal yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah mendokumentasikan kondisi kendaraan segera setelah Anda membuat kesepakatan sewa kendaraan. Hal ini berguna untuk menjadi bukti jika ada kerusakan atau kondisi minus pada kendaraan yang bukan merupakan kesalahan Anda. Dengan begitu, Anda tidak harus bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan yang memang bukan menjadi tanggung jawab Anda.
Hal penting lainnya adalah Anda perlu menyimpan nomor telepon pemilik atau admin dari jasa layanan penyewaan kendaraan yang Anda pilih. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi ketika ada kejadian yang tidak Anda inginkan. Dengan demikian, Anda bisa menghubungi pihak jasa layanan penyewaan.
Anda harus mengembalikan kendaraan sebelum durasi sewa habis. Hal ini juga berlaku untuk penyewaan kendaraan lebih besar, seperti sewa bus pariwisata. Biaya sewa kendaraan bergantung pada kebutuhan Anda. Untuk Anda yang hendak pulang kampung, bisa menyewa selama 2 hingga 3 hari. Apabila Anda hanya butuh untuk keperluan dalam kota, ada paket berbeda mulai dari 6 jam, 8 jam, 12 jam, atau hingga satu hari penuh.
Beberapa penyedia layanan sewa kendaraan umumnya memiliki sistem pembayaran di depan, sehingga Anda perlu membayar biaya sewa saat melakukan pemesanan. Kemudian, pastikan juga bahwa pihak penyedia jasa akan mengembalikan uang Anda jika terjadi pembatalan.
Tidak menutup kemungkinan bahwa Anda juga akan mendapatkan potongan harga jika mengambil penawaran spesial. Walaupun kebijakan tersebut tidak berlaku di seluruh penyedia layanan.
Umumnya, setiap penyedia jasa layanan sewa kendaraan akan memberikan kendaraannya lengkap dengan bahan bakarnya. Namun, Anda tetap harus memastikan apakah Anda harus membayar untuk bahan bakar atau ini sudah termasuk tarif sewa. Tidak ada salahnya juga untuk menyimpan bukti pembelian bahan bakar jika memang Anda butuhkan.
Tidak jarang orang memilih layanan sewa kendaraan dengan sistem lepas kunci karena biaya sewanya lebih terjangkau, dan membuat perjalanan lebih nyaman tanpa ada orang asing dalam kendaraan. Anda bisa berkendara dengan fleksibel dan sesuai kebutuhan Anda.
Selain bisa bebas menentukan tujuan ke mana saja, Anda juga tidak akan mengeluarkan biaya tambahan karena tidak perlu lagi menyediakan makanan dan kebutuhan lain untuk sang pengemudi.
Sementara, jika Anda menyewa lengkap dengan pengemudi, maka biayanya akan sedikit lebih mahal. Namun, jika Anda mengambil opsi ini pastikan yang bersangkutan paham kondisi jalan, dalam kondisi sehat dan tentunya mahir berkendara dalam berbagai kondisi medan jalan.
Pertama, pastikan keberadaan layanan penyedia jasa sewa tersebut apakah cukup kredibel dan dapat dipercaya. Carilah informasi mengenai layanan tersebut, atau jasa lainnya sebagai bahan pertimbangan lalu bandingkan satu per satu terkait layanan, fasilitas, dan tarifnya.
Pastikan Anda memilih jasa layanan sewa kendaraan yang memiliki kontak jelas dan dapat Anda hubungi kapan saja. Setelah itu, Anda harus mengunjungi lokasi untuk memastikan keberadaan perusahaan dan kendaraan sewaan.
Berikutnya, pilih layanan jasa sewa kendaraan terbaik dengan pelayanan prima, seperti layanan pelanggan baik dan ramah, hingga pemberian informasi jelas dan transparan mengenai penyewaan. Pastikan Anda memilih penyedia jasa yang profesional.
Terakhir, perusahaan jasa sewa kendaraan yang tepercaya memiliki pengemudi yang profesional yang dapat memberikan pelayanan optimal, menyertakan identitas jelas sebagai pengemudi, dan sudah melewati masa pelatihan. Dengan begitu pengemudi akan berkendara dengan hati-hati karena keselamatan Anda sebagai klien adalah prioritas utama.
Untuk Anda yang mencari perusahaan jasa rental mobil Jakarta, TRAC adalah pilihan terbaik. TRAC merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya dan menjadi bagian dari keluarga Astra. TRAC siap memberikan layanan untuk kebutuhan transportasi secara menyeluruh dan maksimal.
Berdiri sejak tahun 1986, TRAC berupaya untuk mengembangkan produk dan layanan. Bermula dari penyewaan lima unit mobil saja, kini penyedia layanan sewa mobil Jakarta ini berkembang menjadi salah satu yang terdepan di bidang solusi transportasi. Sampai saat ini TRAC telah mengelola ribuan kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus.
Saat ini, TRAC memiliki beberapa produk layanan seperti Rental Mobil Korporat, Rental Mobil Harian, Sewa Bus, dan TRAC Fleet Management Solution sebagai bukti TRAC memahami kebutuhan masyarakat yang terus berkembang dengan mobilitas tinggi hingga menuntut efisiensi waktu. Maka, TRAC menjadi solusi praktis untuk perusahaan atau individu dengan layanan sesuai keperluan Anda.
Promo Spesial dari TRAC Sepanjang Tahun 2022
Sebagai wujud memberikan yang terbaik bagi pelanggan, TRAC tidak hanya menghadirkan inovasi dalam pelayanannya saja, namun juga dibarengi dengan ide-ide cemerlang yang mampu memikat pelanggan, salah satunya adalah dengan menghadirkan promo menarik di setiap bulannya.
Biasanya, informasi lengkap mengenai promo bulanan dari TRAC akan tersedia secara jelas melalui laman Instagram resmi @TRAC_astra maupun website www.trac.astra.co.id.
Berikut ini beberapa promo spesial dari TRAC, antara lain:
Menjelang perayaan hari jadi Astra ke-65, TRAC memberikan promo spesial yakni cashback 50% untuk setiap transaksi dengan pembayaran menggunakan e-wallet AstraPay. Melalui promo ini, Anda bisa mendapatkan cashback maksimal senilai Rp150.000 untuk setiap transaksi. Promo ini berlaku hingga 31 Desember 2022 untuk setiap pemesanan di aplikasi TRACtoGo.
2. Sewa Mobil Listrik Seharga 50 ribuan
Mobil listrik tengah menjadi primadona di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Oleh karena itu, banyak orang mulai penasaran ingin mencoba sensasi mengendarai mobil listrik.
Melihat fenomena dan antusiasme tinggi dari masyarakat, TRAC menghadirkan sebuah promo menarik yaitu biaya sewa mobil sebesar Rp55.000. Anda bisa berkeliling di Nusa Dua, Bali dengan menggunakan Toyota C+ Pod dengan modal 50 ribuan aja. Menarik, bukan?
Terakhir, ada promo bertajuk Gas Gas Gas yang merupakan promo untuk layanan sewa mobil melalui aplikasi TRACtoGo. Dalam promo ini, Anda bisa melakukan sewa mobil dengan harga mulai Rp55.000 dan nikmati perjalanan dengan nyaman serta aman.
Memilih jasa layanan sewa kendaraan terkadang memang cukup membingungkan dan mengundang kekhawatiran tersendiri. Jadi pastikan Anda mendapatkan informasi sebanyak agar dapat memilih perusahaan jasa yang memberikan pelayanan terbaik.
Demikian informasi seputar tips dan panduat singkat saat sewa mobil agar perjalanan Anda semakin aman dan nyaman. Semoga bermanfaat.***
 


Registration is closed.

source


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *